• Mei 17, 2024

Urutan Presiden Presiden Indonesia Beserta Wakilnya dari Masa ke Masa

Semenjak merdeka pada tahun 1945, Indonesia telah dipimpin oleh tujuh presiden yang berbeda. Tiap-tiap presiden mempunyai peran penting dalam menyatukan dan membangun bangsa ini. Berikut yaitu urutan presiden Indonesia beserta wakilnya dari masa ke masa.

Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno, yang menjabat sebagai presiden dari tahun 1945 hingga 1967. Beliau berjuang untuk kemerdekaan Indonesia dan memimpin negara ini dalam proses pembangunan serta pengakuan internasional.

Setelah Soekarno, Soeharto menjadi presiden kedua Indonesia pada tahun 1967. Beliau memimpin Indonesia selama 32 tahun, yang menjadikannya presiden dengan masa jabatan terpanjang. Pada masa kepemimpinannya, ekonomi Indonesia berkembang pesat dan negara ini bahkan meraih stabilitas politik.

Pada tahun 1998, Soeharto mengundurkan diri dan digantikan oleh B.J. Habibie sebagai presiden ketiga Indonesia. Padahal masa jabatannya singkat, Habibie berhasil melaksanakan reformasi politik dan ekonomi yang penting bagi Indonesia.

Setelah Habibie, Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur menjadi presiden keempat Indonesia pada tahun 1999. Beliau dikenal sebagai tokoh yang memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia.

Presiden kelima dan keenam Indonesia yaitu Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono. Megawati menjabat sebagai presiden dari tahun 2001 hingga 2004, sementara SBY menjabat dari tahun 2004 hingga 2014. Keduanya berperan penting dalam memaksimalkan ekonomi Indonesia dan meningkatkan kekerabatan perundingan dengan negara lain.

Presiden ketujuh dan yang dikala ini menjabat yaitu Joko Widodo, yang secara akrab dikenal sebagai Jokowi. Beliau menjadi presiden pada tahun 2014 dan kembali terpilih untuk masa jabatan kedua pada tahun 2019. Jokowi konsentrasi pada reformasi ekonomi, pembangunan infrastruktur, serta pemberantasan korupsi.

Inilah urutan presiden Indonesia beserta wakilnya dari masa ke masa, sebagaimana telah dirangkum dari berjenis-jenis sumber, Jumat (17/5/2024).

1. Presiden Soekarno (1945-1967)
Presiden Soekarno yaitu Presiden pertama Indonesia yang memimpin dari tahun 1945 hingga 1967. Dia yaitu mahjong ways 3 tokoh proklamator yang mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno dikenal sebagai pejuang kemerdekaan yang giat dan visioner.

Masa jabatan Soekarno sebagai Presiden Indonesia dipenuhi dengan berjenis-jenis game gacor yang ada di sixtus singapore slot tantangan, termasuk menghadapi pembangunan negara yang baru merdeka dan menuntaskan tekanan politik dari dalam dan luar negeri. Dalam kepemimpinannya, ia mengusung kebijakan dasar yang dikenal dengan Pancasila sebagai ideologi negara.

Soekarno didapmingi wakil presiden selama masa jabatannya. Wakilnya yaitu Mohammad Hatta, yang juga yaitu salah satu proklamator kemerdekaan. Mereka bersama-sama memimpin Indonesia dalam merealisasikan cita-cita kemerdekaan dan membangun negara yang baru merdeka.

Tetapi, pada tahun 1967, Soekarno dijatuhkan dari kekuasaan oleh orde baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Setelah digulingkan, Soekarno konsisten menjadi tokoh penting dalam sejarah Indonesia dan dihormati atas perjuangannya dalam memperjuangkan kemerdekaan negara.

2. Presiden Soeharto (1967-1998)

Presiden Soeharto menyuruh Indonesia selama 32 tahun, dari tahun 1967 hingga 1998. Dia yaitu presiden kedua Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan. Selama masa jabatannya, Soeharto menghadapi berjenis-jenis-variasi tantangan dan masa-masa sulit, termasuk krisis ekonomi, perselisihan politik, dan gerakan mahasiswa yang menyokong keluarnya dari jabatan pada tahun 1998.

Selama masa jabatannya, Soeharto mempunyai sebagian wakil presiden. Berikut yaitu para wakil presiden yang mendampingin Presiden Soeharto selama 32 tahun masa jabatan:

Hamengkubuwana IX (24 Maret 1973 – 23 MAret 1978)
Adam Malik (23 Maret 1978 – 11 Maret 1983)
Umar Wirahadikusumah (11 Maret 1983 – 11 Maret 1988)
Soedharmono (11 Maret 1988 – 11 Maret 1993)
Try Sutrisno (11 Maret 1993 – 11 Maret 1998)
BJ Habibie (11 Maret 1998 – 21 Mei 1998)
Selama kepemimpinannya, Soeharto mempunyai warisan yang kontroversial, dengan sebagian menganggapnya sebagai pemimpin otoriter yang menindas hak asasi manusia dan korupsi yang meluas. Tetapi, ia juga diakui sebagai ekonom yang berhasil merubah Indonesia menjadi negara yang berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

3. Presiden BJ Habibie (1998-1999)

Presiden BJ Habibie yaitu presiden ketiga Republik Indonesia yang menjabat dari tahun 1998 hingga 1999. Dia menjadi presiden setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998. BJ Habibie yaitu seorang pakar teknologi pesawat terbang yang terkenal di Indonesia dan juga di dunia internasional.

Masa jabatan Habibie sebagai presiden terhitung sungguh-sungguh singkat, yaitu cuma selama 1 tahun. Selama masa jabatannya, ia menghadapi berjenis-jenis tantangan politik, ekonomi, serta sosial yang diwarisi dari pemerintahan sebelumnya. Tetapi, Habibie berhasil mempersembahkan dan menggunakan kebijakan yang diberi bimbingan untuk membuka ruang demokrasi dan meningkatkan hak asasi manusia di Indonesia. Padahal masa jabatan Habibie relatif singkat, tapi perannya dalam memimpin Indonesia menghadapi transisi ke demokrasi, serta memperjuangkan revolusi mental dan reformasi ekonomi, tak dapat dikesampingkan.