• Februari 28, 2024

Tips Bisnis Kala Sepi, Jangan Khawatir!

Apa yang biasa akan kamu lakukan jika sampai bisnis yang kamu jalani sedang sepi? Ada banyak pebisnis yang pasti pernah merasakan masa di mana bisnis mereka sepi. Ini bisa menjadi hal yang lumrah di dalam bisnis, pastikan kamu memiliki tujuan dan strategi yang membuat bisnis kamu menjadi lebih stabil. Penting untuk terus memantau dan melihat hasil dari strategi bisnis kamu, dan mengambil langkah saat bisnis sepi. Ini akan membantu kamu untuk merencanakan langkah yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis kamu. Di bawah ini adalah 7 hal yang perlu dilakukan saat bisnis mulai sepi.

Tips Bisnis Sepi

1. Mereview Strategi Bisnis

Kamu sudah punya strategi bisnis sendiri, bukan? Pastikan kamu mengklarifikasi tujuan dan pandangan dari bisnis untuk memastikan tujuan yang kamu ingin tuju. Ini harus searah dengan tujuan dan pandangan kamu. Review strategi ini akan membuat kamu lebih jelas mengenai mana yang baik dan mana yang sebaiknya tidak dilanjutkan untuk kamu.

2. Review Angkanya

Pastikan angka mana yang akan membantu kamu dalam memonitor kesuksesan saat ini judi bola parlay dan di masa depan. Berapa banyak klien baru yang sudah kamu datangkan atau hilang di bulan ini? Berapa lama untuk melihat cashflow dari penjualan? Berapa banyak penjualan yang tim kamu jual dan buat? Berapa banyak return investasi yang sudah kamu dapatkan dari investasi kamu terakhir? Apa timbal balik yang didapatkan oleh para staff?

3. Kembali Berhubungan dengan Pelanggan

Jika kamu tidak pernah melakukanny, buat cara untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien yang ada. Bisa dilakukan dengan menggunakan surat kabar, email, atau panggilan telepon. Kamu harus memberikan mereka kabar terbaru kepada mereka. Jika tidak pernah melakukannya, ini merupakan waktu yang tepat untuk memulai menggunakannya. Jika kamu membutuhkan alasan untuk menelpon mereka, tanyakan mereka ide mengenai blog terbaru atau surat kabar terbaru. Kamu akan menjadi lebih tahu mengenai tantangan saat ini dan kebutuhan untuk melakukannya, kamu bisa pastikan ini berhubungan dengan mereka.

4. Dapatkan Testimoni

Keberadaan kamu, pelanggan yang senang, dan klien adalah sosok-sosok penting di dalam bisnis kamu. Masukkan saran dari mereka untuk mengembangkan bisnis ketika mereka sudah menggunakan produk atau jasa yang kamu berikan. Tunjukkan ini di website kamu dengan menjadikannya bagian dari promosi kamu dan membantu bisnis kamu. Tanyakan kepada mereka dan buat mereka tahu seberapa penting mereka. Misalnya dengan memberikan mereka produk complimentari, hadiah, atau pelayanan yang lebih baik.

5. Capai Prospek Baru

Telepon pelanggan yang berpotensi untuk memberikan mereka sesuatu yang bernilai sebagai cara kamu memperkenalkan diri kamu pada mereka. Misalnya, kirimkan mereka artikel yang dapat menarik mereka, atau mengirimkan mereka produk kecil yang berhubungan dengan kebutuhan mereka yang akan mereka hargai pemberiannya.

6. Berikan Pelayanan Costumer Service yang Baik

Layani pelanggan kamu yang ada ini dan pelanggan lain dengan cara yang mereka inginkan. Ini akan membuat mereka mempercayai bisnis kamu dan memberikan feedback yang positif kepada bisnis yang sedang kamu jalankan.

7. Review Aturan dan Prosedur

Terakhir, review semua aturan dan prosedur yang dimiliki oleh bisnis kamu. Apakah semua ini update dengan keadaan yang ada, atau kamu malah menggunakan aturan yang sudah tidak relevan lagi dengan kondisi bisnis yang ada. Ambil sedikit waktu untuk melakukan review pada semua hal ini untuk membuat bisnis kamu menjadi lebih maksimal dan efektif. Nah, itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk kamu yang ingin kembali menghidupkan bisnis kamu yang sepi.