• Maret 8, 2024

Stanford University Mulai Bangun Kampus di IKN Mei 2024

Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, akan mempunyai sejumlah kampus bertaraf internasional. Salah satu yang sudah mengucapkan komitmen untuk membangun kampus di IKN ialah Stanford University dari Amerika Serikat (AS).

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono membeberkan, Stanford University mulai membangun kampus di Ibu Kota Nusantara Mei 2024.

\\\”Kita juga berprofesi sama dengan sekolah internasional ternama ialah Stanford University, gampang-mudahan nanti pada Mei mereka mulai membangun kampus,\\\” ujar Bambang dikutip dari Antara, Jumat (8/3/2024).

Stanford University mulai membangun kampus untuk riset terlebih dahulu di IKN. Absensi Stanford University di IKN ini nantinya menjadikan efek bola salju atau akan mendorong kampus-kampus tenar lain untuk turut berpartisipasi.

Komitmen 8 Kampus
Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Komputerisasi Otorita IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan, terdapat kurang lebih 8 kampus internasional seperti Universitas Leiden, Delft, Rotterdam dari Belanda, kemudian dari Finlandia ada beberapa kampus dan seterusnya yang siap masuk ke IKN.

Menurut ia, segala pendekatan baru dari perencanaan kota dan wilayah dites dan diuji coba sbobet88 di IKN seperti nature based solution, kota yang ramah si kecil dan kota yang ramah gender seperti apa, kota yang mempunyai Intelligent Transportation Systems (ITS) seperti apa, dan seterusnya.

Sebagai teladan, bagaimana PBB dengan 13 unit di bawahnya lantas mendorong IKN.

\\\”Saya ingin menyampaikan bahwa dunia internasional mulai masuk ke IKN, dalam arti untuk mengamati knowledge,\\\” kata Bambang.

 

Konsep Pendidikan Abad 21

Menurut Lampiran II mengenai Rencana Induk IKN dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 seputar Ibu Kota Negara, prinsip dasar pengajaran di KIKN secara keseluruhan akan diberi pengarahan pada konsep pengajaran abad 21 yang selaras dengan visi pengajaran di KIKN, ialah membangun ekosistem pengajaran terbaik untuk memenuhi kebutuhan bakat masa depan di klaster ekonomi serta menjadi teladan penyelenggara pengajaran tinggi dan meningkatkan taraf hidup.

Arah perencanaan, konsep dan taktik pengajaran di Wilayah IKN (KIKN) didasarkan pada beberapa pertimbangan ialah intervensi di tingkat kejuruan sungguh-sungguh penting untuk memenuhi kebutuhan bakat dari klaster ekonomi baru sebab sekitar 60 persen dari proyeksi pekerjaan di tahun 2045 bersifat kejuruan.

Kemudian penting untuk meningkatkan ketersediaan pengajaran tersier lanjutan di bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan manajemen guna mendorong kebutuhan pertumbuhan dan temuan dalam klaster ekonomi di masa depan.
Pendidikan K-12 bermutu tinggi menjadi kriteria utama untuk menarik ketertarikan pindahnya warga domestik dan asing serta menjadi persyaratan yang sepatutnya ada di IKN.