• Juni 5, 2024

Sekjen Hasto Dipanggil Polda Metro PDIP Untuk Upaya Pembungkaman Suara

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Pengorbanan Hasto Kristiyanto dipanggil Polda Metro Jaya terkait dengan adanya pelaporan yang mempersoalkan wawancara Hasto di salah satu media layar kaca. Hasto Kristiyanto dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan hari ini, Selasa (4/6/2024).

Juru Bicara PDIP Chico Hakim mengevaluasi pemanggilan Hasto ialah upaya pembungkaman atas adanya dugaan kecurangan Pemilu 2024.

“Kami menduga ini sebagai bagian dari upaya pembungkaman suara-suara kritis terkait pelanggaran, kecurangan, dan intervensi aparat negara dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 kemarin,” kata Chico, dalam keterangan sah, Selasa (4/6/2024).

Menurut Chico, apa yang diberi tahu Sekjen PDIP itu telah menjadi perbincangan di masyarakat. Fakta-fakta yang ditemukan di lapangan dan menjadi bahan diskursus di kalangan akademisi, budayawan, dan kelompok masyarakat sipil.

“Pun menjadi beberapa substansi dari dissenting opinion yang diberi tahu oleh tiga Hakim Mahkamah Konstitusi,” tegas Chico.

Tak hanya itu, Chico menegaskan, pernyataan yang diberi tahu Hasto slot777 telah menjadi sebuah produk jurnalistik. Sehingga, hal tersebut tidak dapat dipidanakan.

“Telah wajib keseluruhan dari wawancara tersebut ialah sebuah produk jurnalistik, sehingga tidak dapat dipidanakan,” ucap politikus PDIP itu.

Adapun dalam laporan ini, Hasto diduga melanggar tindak pidana Penghasutan dan atau Menyebarkan Isu Elektronik dan atau Dokumen Elektronik Bohong Memuat Pemberitaan Menimbulkan Bohong Anggota Kerusuhan di Masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 28 ayat (3) Jo. Pasal 45A ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Isu dan Transaksi Elektronik.

Hasto Siap Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya Hari Ini

Padahal regu undang-undang PDIP yang juga kuasa undang-undang Hasto Kristiyanto, Ronny Talapessy, mengucapkan sebagai warga negara yang bagus dan taat undang-undang, kliennya siap memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, hari ini, Selasa (4/6/2024).

“Ya betul, aku akan memandu Sekjen Mas Hasto,” kata Kaca undang-undang PDIP, Ronny Talapessy, selaku kuasa undang-undang Hasto saat dikonfirmasi, Selasa (2/6/2024).

Ronny menjelaskan kehadirannya sebagai kuasa undang-undang dari Hasto Kristiyanto guna memutuskan seluruh hak sebagai warga Indonesia yang telah terjamin dalam konstitusi.

“Kami akan mengawal hak-hak undang-undang, hak-hak politik, hak-hak demokrasi, hak berdiskusi dan beranggapan Mas Hasto, serta tiap-tiap warga negara di Republik ini agar tetap dijamin sesuai konstitusi,” kata Ronny.

begitu, Ronny merasa heran dengan adanya panggilan pemeriksaan yang mempersoalkan terkait kritik terhadap proses pemilu.

“Kita memang heran sebab dipersoalkan ialah materi kritik dari seorang pegiat partai, sekjen partai politik yang sah sesuai undang-undang yang berlaku di Republik ini,” ucap Ronny.

Apalagi, lanjut Ronny, materi yang dipersoalkan dalam laporan ini diberi tahu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat wawancara bersama nasional yang ialah produk jurnalistik. Oleh ialah itu, sebab akan membawa sejumlah bukti untuk diberi tahu ke penyidik dalam pemeriksaan nanti.

“Apalagi kritik dari pegiat partai yang memang tugasnya ialah ialah membicarakan-membicarakan masalah di masyarakat,” tuturnya.