• Mei 19, 2024

Prancis Blokir Pertukaran Kripto Bybit, Ada Sulit Apa?

Otoritas Pasar Keuangan Prancis (AMF) sudah mengeblok jalan masuk ke laman Bybit, dengan alasan operasi tak legal di Prancis. Berdasarkan pernyataan terkini AMF, pertukaran kripto Bybit tak berwajib menyediakan layanan aset komputerisasi di Prancis.

Diberitakan dari Coinmarketcap, Sabtu (18/5/2024), badan pengawas mengamanatkan penyedia layanan aset komputerisasi (DASP) sepatutnya mendaftar ke AMF sebelum menawarkan layanan terhadap publik, termasuk mengoperasikan platform perdagangan kripto.

Otoritas pasar mengatakan registrasi semestinya menolong menjaga ketertiban biasa dengan mencegah pencucian uang dan pendanaan teroris, memverifikasi reputasi bagus dan kompetensi direktur, dan malah memakai langkah-langkah khusus untuk melindungi pemberi modal ritel.

Sebab Bybit tak teregistrasi sebagai DASP, Bybit beroperasi secara ilegal di Prancis. Lebih dari sebulan yang lalu, AMF judi bola mengeluarkan peringatan serupa kepada pertukaran mata uang kripto Bitget.

Bitget juga tak teregistrasi sebagai DASP dan menyediakan layanan aset komputerisasi dengan pendaftaran semestinya di Prancis. Kesudahannya, mulai 7 November 2023, Bitget sudah masuk daftar hitam oleh AMF sebab ketidakpatuhan kepada hukum Prancis.

Tahun lalu, laporan media mengatakan si kecil perusahaan Binance di Prancis sudah menjalani penelusuran permulaan semenjak Februari 2022 sebab diduga menyediakan layanan mata uang kripto secara ilegal dan gagal mematuhi keharusan anti pencucian uang.

Tapi, pada Mei 2023, Binance mendapatkan lisensi sebagai penyedia layanan kripto dari Komisi Pengawas Pasar Keuangan Prancis.

Disclaimer: Tiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analitik sebelum membeli dan memasarkan Kripto. tak bertanggung jawab atas profit dan kerugian yang muncul dari keputusan investasi.