• April 27, 2024

PBB: Butuh 14 Tahun untuk Bersihkan Puing-puing di Gaza

Sejumlah besar puing-puing yang ditinggalkan akibat serangan dahsyat Israel di rajazeus slot Jalur Gaza perlu kala sekitar 14 th. untuk dibersihkan, kata seorang pejabat PBB pada Jumat. Pehr Lodhammar, seorang pejabat pada Layanan Pekerjaan Ranjau PBB, mengatakan pada sebuah pengarahan di Jenewa bahwa perang berikut sudah meninggalkan sekitar 37 juta ton puing di wilayah padat penduduknya.

Dia mengatakan bahwa meskipun tidak mungkin untuk pilih kuantitas tentu persenjataan yang belum meledak yang ditemukan di Gaza, diperkirakan dibutuhkan kala 14 th. untuk membersihkan puing-puing, terhitung puing-puing dari bangunan yang hancur. “Kami jelas bahwa kebanyakan terdapat tingkat kegagalan setidaknya 10 prosen amunisi fasilitas darat yang ditembakkan dan gagal berfungsi,” katanya. “Kita berkata mengenai 14 th. kerja dengan 100 truk.”

Menurut kantor tempat di Gaza, serangan Israel sudah menghancurkan sebanyak 70.000 rumah, dan merusak 290.000 lainnya, supaya tidak bisa dihuni. Bangunan yang terkena efek terhitung termasuk gedung pemerintah, tempat tinggal sakit, sekolah, masjid, gereja, dan website bersejarah. Israel sudah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan sekitar 1.139 orang. Setidaknya 34.305 warga Palestina sudah tewas dan 77.293 terluka dalam serangan militer Israel di Gaza sejak 7 Oktober, menurut kementerian kebugaran Gaza.

Kampanye militer Israel terhitung mengubah lebih dari satu besar wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang jadi reruntuhan, menyebabkan lebih dari satu besar warga sipil Palestina kehilangan tempat tinggal, kelaparan, dan berisiko terkena penyakit.