• Oktober 17, 2022

10 Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online

Di era digital saat ini, kita sudah tidak bisa lagi terlepas dari aktivitasl digital maketing yang dapat mendukung kinerja di dalam perusahaan. Bahkan tak jarang bisnis pemula yang saat ini menjadi lebih terfokus pada sosial media dalam memasang iklan, untuk melakukan promosi, sampai mempertahankan pelanggan yang ada. Jadi tidak salah jika dikatakan kalau media sosial adalah tempat untuk melakukan kegiatan digital marketing.

Tetapi ada baiknya jika sumber daya tersebut semakin dimaksimalkan. Salah satu yang bisa menambah kinerja digital merkating yang baik adalah dengan email marketing. Jika dibandingkan dengan media lainnya, mungkin dapat dikatakan email marketing memang cukup tua. Tetapi meski demikian, email marketing masih tetap eksis dan ada banyak manfaat bagi bisnis, loh. Berikut ini kami akan membahas apa saja yang menjadi manfaat dari email marketing.

Manfaat Email Marketing

1. Mudah untuk Memperoleh Data Pelanggan

Dalam pembangunan bisnis, data dari pelanggan adalah hal yang sangat penting. Dengan data ini Anda dapat melakukan riset dan juga melakukan analisa dari perilaku konsumen, sehingga dapat menyajikan konten menarik untuk mencapai tujuan tertentu. Melalui email marketing, Anda dapat memperoleh data pelanggan dengan mudah dengan fitur berlangganan newsletter di slot server kamboja no 1. Pelanggan banyak yang tertarik untuk mengisi form ini jika mereka mendapatkan keuntungan tertentu.

2. Menjaga Relasi

Customer Relationship Management merupakan aktivitas dan strategi yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, khususnya mereka yang merupakan pelanggan setia. Di dalam beberapa bisnis, CRM masih kurang mendapatkan perhatian karena dianggap membutuhkan biaya yang besar. Padahal dengan menggunakan email marketing, Anda dapat melakukan CRM seperti dengan mengirimkan hadiah voucher diskon untuk mereka, loh.

3. Desain Email yang Dapat Disesuaikan

Banyak pelanggan yang kurang suka dengan email karena desainnya yang kaku dan monoton, tetapi sebenarnya Anda bisa mendesain email ini menjadi lebih menarik pelanggan. Kirimkan mereka brosur atau katalog yang disisipkan link menuju website, sehingga mereka dapat dengan mudah mengunjungi toko.

4. Terasa Lebih Personal

Sesuaikanlah email yang Anda kirim dengan alamat email tujuan Anda, karena email ini akan langsung pelanggan tersebut terima. Seperti dengan menyebutkan nama pelanggan tersebut. Fitur ini sudah ada secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu untuk mengetik nama pelanggan tersebut satu-persatu.

5. Media Survey

Untuk menyusun strategi, ada baiknya untuk melakukan survey sehingga dapat mendukung data. Tetapi untuk bisnis pemula, melakukan surbey ini tentunya perlu waktu dan juga biaya yang tidak sedikit. Bila pelanggan Anda merupakan kriteria dari responden yang diperlukan, maka Anda bisa memberikan mereka reward tertentu jika tertarik untuk menjawab kuesioner yang ditawarkan.

6. Hasil Promosi yang Dapat Menjadi Tolak Ukur

Tentunya Anda ingin melihat adanya hasil dari strategi yang dijalankan, bukan hanya pada media sosial saja, namun juga di email marketing. Analisa apa yang diperlukan dan tingkatkan kembali kegiatan promosi yang sudah atau sedang dilakukan.

7. Media Rekam Jejak

Ini adalah salah satu manfaat dari email marketing yang penting namun masih banyak diabaikan smapai saat ini. Hal ini karena media rekam jejak mencakup percakapan dengan pelanggan yang akan tersimpan di dalam email selama tidak dihapus. Jadi jika ada kekeliruan, data ini dapat membantu meluruskan yang terjadi.

8. Media Komunikasi Dua Arah

Mungkin ini adalah salah satu manfaat dari email marketing yang sudah sangat diketahui. Namun yang membedakan adalah ada kesan lebih profesional jika menggunakan email. Sehingga ini bisa memberikan kesan profesional ke rekan bisnis atau pelanggan, meski bisnis Anda masih tergolong baru.

9. Lebih Hemat Biaya

Tidak ada biaya tambahan besar yang diperlukan untuk melakukan promosi melalui email marketing, karena tidak diperlukan dana untuk mencetak brosur atau memasang iklan. Saat ini pun banyak orang yang masih aktif dalam menggunakan email.

10. Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Tentunya dengan email marketing Anda dapat membantu untuk meningkatkan kinerja dari perusahaan. Tidak peduli jika bisnis masih baru atau memang sudah berkembang dengan baik. Ditambah dengan data yang terjaga,  efektif, dan juga terjangkau.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan fitur email-marketing!