• Maret 15, 2024

Jokowi Teken PP THR PNS dan Gaji ke-13, PPPK hingga Pejabat Negara Kebagian

Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Apartur Sipil Negara (ASN) lainnya siap-siap ketiban durian runtuh. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah di tandatangani ketetapan berkaitan dengan THR PNS dan Gaji ke-13 untuk 2024 ini.

Hal ini tertuang didalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

PP ditandatangani Presiden Joko Widodo 13 Maret 2024 dan diundangkan pada tanggal yang sama oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam salinan PP, disebutkan bahwa pemerintah mengimbuhkan spaceman tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 tahun 2024 kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian kepada bangsa dan negara dengan memperhatikan kekuatan keuangan negara.

PNS hingga Pejabat Negara
Aparatur negara tersebut pada lain, pegawai negeri sipil (PNS) dan calon PNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), prajurit TNI, anggota Polri dan pejabat negara.

Aparatur negara juga juga wakil menteri, staf spesifik di lingkungan kementerian/lembaga, dewan pengawas KPK, pimpinan dan anggota DPRD, hakim ad hoc, pimpinan dan anggota lembaga non struktural, pimpinan Badan Layanan Umum/Badan Layanan Umum Daerah, pimpinan Lembaga Penyiaran Publik yang terdiri atas dewan pengawas dan direksi,

Dalam PP juga disebutkan bahwa THR dan gaji ke-13 yang bersumber dari APBN terdiri dari gaji pokok; tunjangan keluarga; tunjangan pangan; tunjangan jabatan atau tunjangan umum; dan tunjangan kinerja cocok pangkat, jabatan atau kelas jabatan.

Sedangkan THR dan gaji ke-13 yang bersumber dari APBD terdiri dari gaji pokok; tunjangan keluarga; tunjangan pangan; tunjangan jabatan atau tunjangan umum; tambahan penghasilan paling banyak sebesar yang diterima didalam satu bulan.

THR dan Gaji ke-13 Staf Khusus

THR dan gaji ketiga belas bagi staf spesifik di lingkungan kementerian/lembaga dan pejabat yang hak keuangannya atau administratifnya setara atau setingkat menteri, wakil menteri, pejabat pimpinan tinggi, administrator atau pengawas, diberikan paling banyak sebesar THR dan gaji ketiga belas yang diberikan kepada pejabat yang setingkat hak keuangannya.

Sementara THR bagi CPNS terdiri dari 80 persen dari gaji pokok PNS; tunjangan keluarga; tunjangan pangan; tunjangan lazim dan tunjangan kinerja.

Di didalam PP itu dijelaskan bahwa THR dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum saat tanggal hari raya. Dalam perihal THR belum dapat dibayarkan, maka dapat dibayar sehabis tanggal hari raya.

Sedangkan untuk gaji ketiga belas dibayarkan paling cepat bulan Juni tahun 2024, dan didalam perihal gaji ketiga belas belum dapat dibayarkan maka dapat dibayarkan sehabis Juni 2024.

THR PNS 2024 Cair H-10 Lebaran, Berapa Besarannya?

Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat beroleh Tunjangan Hari Raya atau THR pada Idul Fitri 2024. Selain PNS, THR juga diberikan juga kepada aparatur non-sipil yaitu TNI dan Polri.

Sri Mulyani menjelaskan, THR Lebaran 2024 dapat dicairkan secara penuh atau full 100 persen. Pencairan THR PNS secara penuh 100 persen ini sebagaimana saran dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“THR-nya ayah presiden (Jokowi) menetapkan 100 persen,” kata Sri Mulyani kepada awak tempat di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Sri Mulyani menyampaikan, THR bagi PNS, TNI, maupun Polri tersebut dapat cair pada H-10 Lebaran Idulfitri 2024 mendatang. Saat ini, pemerintah masih melaksanakan pembahasan berkaitan pencarian THR.

“THR seperti yang aku sampaikan sedang di didalam proses, dan seperti dapat kami dapat coba selesaikan. Sehingga dapat dibayarkan pada 10 hari sebelum saat hari raya,” ucapnya.

Meski demikian, Sri Mulyani tidak mengungkap alasan pemerintah untuk membayarkan THR lebaran hingga 100 persen. Termasuk juga total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk pembayaran THR PNS 2024.

Lantas berapa besaran THR PNS 2024 ini?

Jika berkaca dari besaran THR PNS 2023 lalu, komponen THR diberikan dengan besaran seperti gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang menempel pada gaji/pensiun pokok. Hal itu termasuk tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum).

Selain itu, ASN juga beroleh tambahan 50 persen dari tunjangan kinerja per bulan bagi yang beroleh tunjangan kinerja.