• Juni 1, 2024
Jokowi Sebut Produksi Minyak Blok Rokan

Jokowi Sebut Produksi Minyak Blok Rokan Meningkat setelah Tidak Dikelola Asing

“Dan pagi tadi saya mendapatkan laporan berasal dari Dirut Pertamina bahwa memproduksi di Blok Rokan telah menggapai 162.000 barel per hari,” kata Jokowi saat mengemukakan amanat Hari Lahir Pancasila di Dumai, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024, dipantau berasal dari video Sekretariat Presiden.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut pengambilalihan Blok Rokan dan Freeport sebagai perumpamaan berasal dari upaya pemerintah Indonesia untuk kedaulatan politik dan independensi ekonomi. Kepala negara  mengatakan Indonesia kudu tetap berjuang demi kemandirian ekonomi.

Jokowi menyoroti peran Pancasila dalam mendorong kemakmuran rakyat. Eks Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan Indonesia kudu tetap memperjuangkan kemandirian ekonomi, termasuk lewat industrialisasi dalam negeri dan hilirisasi di bermacam sektor.

Blok Rokan di Dumai merupakan blok migas paling produktif dalam peristiwa perminyakan Indonesia. Blok Rokan, yang jadi tempat upacara Hari Lahir Pancasila, telah dikelola perusahaan asing Caltex dan Chevron selama 97 tahun. RI resmi mengelola sumur minyak tertua ini pada 8 Agustus 2021.

Sementara soal Freeport, Pemerintah Indonesia kini pemegang saham mayoritas dengan 51 persen. Kepemilikan saham ini dapat bertambah jadi 61 prosen dalam kesepakatan baru. Dengan catatan, Jokowi menyetujui untuk memperpanjang kontrak PT Freeport Indonesia sampai 20 th. selepas berakhirnya izin usaha pertambangan spesifik (IUPK) di tambang Grasberg, Papua pada 2041.

Baca juga:

Terdampak Perubahan Tren Industri, Pengembang Game Electronic Arts Bakal PHK 600 Karyawan

Ide Jualan Makanan Kekinian yang Terbukti Pasti Untung!

Melalui pidato yang sama, Jokowi meminta seluruh elemen bangsa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada keperluan nasional, dan tetap terlibat dalam gerakan dunia menuju ekonomi hijau. Jokowi termasuk menyoroti peran Indonesia yang kokoh dalam ajang internasional seperti G20 sampai ASEAN.

“Kita mengharapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas berasal dari ketergantungan kami pada pihak asing,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi termasuk menyinggung soal kembalinya aset punya Indonesia ke tangan pemerintah. Ia juga mencontohkan Blok rokan sebagai perumpamaan nyata pengelolaan oleh asing ternyata dapat ulang ke Tanah Air kalau diperjuangkan.

“Kita ambil alih Blok Rokan ini di Dumai yang merupakan blok migas paling produktif dalam peristiwa perminyakan yang telah dikelola perusahaan asing, Caltex dan Chevron selama 97 tahun,” katanya.

Maka, di momen Hari Lahir Pancasila ini Jokowi menekankan agar kehadiran Pancasila dapat jadi pembebas bangsa Indonesia berasal dari ketergantungannya pada asing.

“Kita kelola dan gunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata dia.