• Februari 6, 2023

Mau Buka Bisnis Mobil Bekas? Ini Dia Tips yang Bisa Kamu Ikuti!

Saat ini permintaan atas mobil bekas yang ada di Indonesia semakin meningkat, karena banyak yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas dibandingkan membeli mobil baru. Salah satu yang menjadi alasan adalah karena harga dari mobil bekas lebih murah dibandingkan dengan mobil baru, pajak pun lebih murah.

Sebab itu saat ini bisnis jual-beli sbobet mobil bekas yang ada di Indonesia semakin terasa menjanjikan. Tetapi, untuk bisa menjalankan bisnis ini tidaklah mudah. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mulai melakukan bisnis jual mobil bekas.

Tips Bisnis Mobil Bekas

1. Memilih Showroom Strategis

Apapun bisnis yang kamu jalankan, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah lokasinya yang strategis. Kamu tidak perlu untuk memiliki showroom yang besar jika terbatas pad amodal. Setidaknya, siapkan tempat yang cukup tetapi pas untuk meyimpan mobil. Dengan demikian, para pembeli pun bisa dengan mudah menemukan showroom tersebut. Cari tempat di mana banyak orang lewat, seperti di jalan raya atau tempat yang berhubungan dengan usaha sejenisnya.

2. Memilih Mobil yang Banyak Peminatnya

Selanjutnya adalah kamu bisa memilih jenis mobil yang memang banyak diminati di pasar. Jika kamu menjual mobil yang tidak banyak peminatnya, maka ini bisa membuat bisnis kamu mejadi berjalan kurang baik. Untuk mengetahui mobil apa yang paling banyak diminati, kamu bisa melihat mobil apa yang banyak digunakan di sekitar. Atau cobalah memilih mobil dengan tanggal penbuatan tidak terlalu lama. Mobil tua atau mobil dengan tanggal pembuatan lama biasanya membutuhkan biaya perawatan yang besar.

3. Menghindari Makelar Mobil

Di dalam menjalankan bisnis, pasti kamu akan sering bertemu dengan para makelar mobil. Usahakanlah untuk menghindari mereka jika ingin membeli sesuatu. Selain itu, mungkin kamu bisa langsung memastikan mengenai kondisi mobil yang akan dibeli dan dijual kembali. Cobalah untuk membeli mobil langsung dari pemiliknya, jadi kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan tahu kondisi mobil bagaimana.

4. Memperbaiki Mobil

Ya namanya juga mobil bekas, kita tidak akan pernah tahu apa saja yang pernah terjadi pada mobil tersebut. Jadi sebelum kamu menjual mobil ke pelanggan, cobalah untuk memperbaiki kondisi dari mobil terlebih dahulu. Pastikan untuk membuat tampilannya menjadi lebih cantik, jadi meskipun merupakan mobil bekas, para calon pembeli tetap tertarik untuk membelinya. Bahkan kamu bisa memamerkan mobil bekas itu dalam keadaan mulus.

5. Memeriksa Kelengkapan Surat

Ini merupakan bagian yang paling penting saat ingin membeli atau menjual mobil bekas. Karena tidak ada konsumen yang rela untuk mengeluarkan uang jika mobil bekas tidak memiliki surat yang lengkap. Periksalah surat STNK dan surat lain dari kepemilikan mobil. Jadi coba siapkan segala kelengkapan surat yang dibutuhkan pelanggan. Kamu juga bisa menawarkan jasa balik nama surat kendaraan untuk pelanggan.

6. Taat Pada Hukum

Kamu tentu juga harus mematuhi aturan hukum yang berlaku, sehingga baik kamu dan pelanggan tidak akan ada yang dirugikan. Jangan pernah sampai bermain-main dengan hukum, karena ini akan membuat bisnis merugi dan membuat kamu kehilangan pelanggan.

7. Memanfaatkan Networking

Di dalam bisnis jual beli mobil bekas, salah satu yang paling kamu perlukan adalah kekuatan networking. Manfaatkan rekan-rekan kamu untuk memasarkan bisnis dengan kekuatan word of mouth. Selain itu temukan rekan bisnis atau mendapatkan  konsumen yang setia, di mana ini akan membuat bisnis menjadi lebih baik juga.

Itu adalah beberap tips yang bisa kami berikan untuk kamu yang tertarik dalam menjalani bisnis jual-beli mobil bekas.