• Maret 21, 2024

BI Siapkan Rp 2 Triliun untuk Lebaran Kepri Nanti

Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri menggelar Semarak Rupiah Ramadan dan Memberi Idulfitri (SERAMBI) 2024 untuk memutuskan pemenuhan keperluan uang kartal. Aktivitas ini juga melayani layanan kas terhadap masyarakat selama jangka waktu Ramadan dan Idulfitri 1445 H di Provinsi Kepri.

Kepala Kantor Perwakilan Kawasan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono menyebut bahwa Serambi Ramadan yaitu format kontribusi BI menyambut peringatan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan format perhatian BI.

\\\”Dengan mengangkat tema “Arif Pakai Rupiah di Bulan Penuh Memberi\\\”, SERAMBI 2024 juga diinginkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berbelanja secara bijak,\\\” kata Suryono dikala melepas armada layanan Penukaran Uang Bersama BI dan Perbankan, di Kantor BI Kepri, Batam Rabu (20/3/24).

Menurutnya, selama jangka waktu Ramadan dan Idulfitri 2024, keperluan uang numerounosantaclarita.com secara nasional diperkirakan meningkat menjadi Rp197,6 triliun, naik 4,65% dibandingi realisasi tahun 2023, Rp188,8 triliun.

Untuk memfasilitasi keperluan tersebut, BI melayani penukaran di 449 titik dan layanan penukaran di 4.264 kantor bank/titik yang tersebar di semua Indonesia.

\\\”Untuk wilayah Kepri, BI Kepri memperkirakan keperluan uang kartal di 7 (tujuh) kab/kota selama bulan Ramadan dan Idulfitri 1445 H Rp2 triliun,\\\” kata Suryono.

Keperluan tersebut meningkat 5,3 persen dibandingi realisasi tahun 2023 sebesar Rp1,9 triliun.

Peningkatan ini memperhitungkan angka asumsi makro, popularitas realisasi tahun-tahun sebelumnya secara historis, pertumbuhan ekonomi yang kian membaik, serta peningkatan mobilitas masyarakat.

\\\”Keperluan tersebut akan dipenuhi melewati layanan Kas Keliling BI, layanan Penukaran Uang Bersama BI dan Perbankan, serta layanan penukaran di 147 titik loket perbankan di semua wilayah Kepri,\\\” kata Suryono.

Masyarakat Kepri bisa mengakses layanan tersebut mulai tanggal 15 Maret 2023 sampai 5 April 2024. Untuk mengenal info jadwal layanan Kas Keliling BI dan tatacara penukaran uang, masyarakat bisa mengakses link https://terampil.bi.go.id.

Suryono minta masyarakat menukarkan uang di daerah-daerah penukaran legal, yaitu di semua unit/cabang perbankan di wilayah Kepri, Kas Keliling BI, ataupun pada layanan Penukaran Uang Bersama BI dan Perbankan.