• Mei 13, 2024

AS Hajar China dengan Naikkan Biaya Impor Kendaraan Listrik

Amerika Serikat (AS) bersiap mengumumkan biaya baru atas impor barang dari China – produk seperti kendaraan listrik disebut sebagai prioritas kebijakan.

Pengumuman tersebut dikonfirmasi oleh sumber yang mengenal pertimbangan biaya, melainkan berdialog tanpa menyebut nama sebelum keputusan resmi diumumkan. Komitmen seperti dilaporkan kantor info NPR, Senin (13/5/2024).

Pemerintah AS sudah meninjau biaya barang-barang China semenjak Joe Biden menjabat. Bea masuk yang besar kepada impor dari China, adalah senilai USD 370 miliar tiap tahunnya, dilegalkan oleh Donald Trump sebagai salah satu langkah kebijakan utamanya.

Pemerintahan Biden malahan dilaporkan sudah menentukan untuk mempertahankan slot deposit qris biaya yang dipakai Trump dan sebagai tambahan, menambahkan sejumlah item strategis ke dalam daftar. Keputusan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg.

Dia Biden
Barang-barang baru yang akan dikenakan biaya, kata sumber yang sama, sejajar dengan prioritas kebijakan Biden mengenai iklim, teknologi, dan manufaktur. Bidang-bidang ini tercakup dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi dan Undang-Undang CHIPS dan Sains, yang menyediakan ratusan miliar dolar untuk meningkatkan sektor daya bersih dan semikonduktor dalam negeri.

Biden bermotivasi berkampanye mengenai lapangan kerja yang diwujudkan oleh paket legislatif yang besar. Ketika bersikeras bahwa proyek-proyek tersebut akan mengaplikasikan barang dan daya kerja buatan AS.

“Saya mereka memperhatikan pipa-pipa baru sedang dipasang dan orang-orang mulai berprofesi, aku harap mereka merasakan pujian yang aku rasakan – pujian atas kampung halaman mereka yang bangkit kembali,” kata Biden minggu lalu di Wilmington.

Pesan tersebut ditujukan untuk negara-negara bagian yang kehilangan banyak lapangan kerja – seperti Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania – ketika sektor manufaktur dipindahkan ke luar negeri.

Bulan lalu, Biden mengumumkan dalam pidatonya di depan member serikat pekerja United Steelworkers di Pittsburgh bahwa ia ingin menaikkan biaya impor baja dan almunium China. Dalam peluang yang sama, ia menyinggung bahwa lebih dari 14.000 pekerja baja di Pennsylvania dan Ohio kehilangan pekerjaan antara tahun 2000 dan 2010.

” bermufakat kepada Anda bahwa aku tidak akan memperkenankan hal itu terjadi lagi,” ujarnya.

Trump juga mengatakan ia akan memperluas biaya impor, termasuk menargetkan mobil China.

Biden di Pittsburgh berusaha membandingi pendekatannya sebagai pendekatan yang “strategis dan pas sasaran” dan mengatakan pendekatan Trump yang lebih luas akan meningkatkan kerugian bagi konsumen AS.